Kamis, 06 November 2008

Pertama di Asia Bandara Soekarno - Hatta Gunakan Pemindai Retina


Jakarta - Indonesia perkenalkan scanner (pemindai-red.) retina mata di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Teknologi tersebut berfungsi untuk mempercepat proses pemeriksaan manual di bagian imigrasi, saat penumpang ingin melakukan perjalanan.

Dengan ini, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mengadopsi teknologi tersebut. Sebelumnya, teknologi ini juga sudah diterapkan dan dilakukan percobaan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat serta Eropa.


Adalah Saphire, program eksklusif yang memberikan pelayanan khusus di bandar udara dengan berbagai keistimewaan demi kenyamanan perjalanan.

Beberapa perlakuan istimewa akan diberikan kepada member Saphire ini. Selain memiliki jalur hingga area parkir khusus, dikutip detikINET dari situs Saphire, Senin (25/12/2006), anggota program juga akan memiliki akses untuk melewati imigrasi secara cepat pada saat keberangkatan dan kedatangan melalui jalur Automatic Border Passage (ABP).

ABP inilah yang akan menggunakan sistem pemindaian iris (retina-red.) mata yang hanya memakan waktu 10 detik dalam proses pengecekan imigrasi.

Program yang teknologinya dikembangkan oleh PT. Angkasa Pura Schiphol ini juga bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, PT (Persero) Angkasa Pura II serta Group Schiphol. ( amz / amz )

0 Comments: